Friday, November 11, 2016

Makalah Perkembangan Masa Remaja



KATA PENGANTAR


 





            Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena Allah yang telah memberikan kesempatan dan kesehatan kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan sebuah makalah dengan judul : KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN MASA REMAJA “.

            Selawat dan salam kepada Nabi Muhammad Saw selaku Nabi dan Rasul terakir yang telah membimbing manusia, mengajak manusia untuk menganut Agama Islam sekaligus menyempurnakan Akhlak manusia melalui petunjuk Wahyu Ilahi.

            Dalam menyusun makalah ini bagi penulis merupakan suatu pekerjaan berat, dan banyak sekali kendala dan kesulitan yang dihadapi terutama sekali dalam memperoleh bahannya. Namun demikian dengan berkat usaha dan ketekunan kesulitan-kesulitan tersebut dapat diatasi hingga selesainya makalah ini walaupun isinya tidak begitu sempurna.

            Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaannya, karena itu penulis sangat menantikan Kritik dan Saran demi kesempurnaan makalah ini.



Penulis,

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ...................................................................................................... i
DAFTAR ISI ..................................................................................................................... ii

BAB  I  PENDAHULUAN .............................................................................................. 1
a.       Latar Belakang ................................................................................................... 1

BAB  II  PERKEMBANGAN MASA REMAJA............................................................ 2
  1. Karakteristik Perkembangan Masa Fisik Remaja.......................................... 2
  2. Karakteristik Perkembangan Kogritif Masa Remaja..................................... 4
  3. Karakteristik Perkembangan Psikososial Remaja........................................ 5

BAB  III  PENUTUP........................................................................................................ 7
  1. Kesimpulan.......................................................................................................... 7



BAB  I
PENDAHULUAN


a.      Latar Belakang
Coba anda renungkan dengan kekuatan pikiran anda saat ini, dimana kedangkalan aqidah yang sudah sangat merajalela di permukaan bumi ini yang sudah merambah ke tengah-tengah kita dan yang lebih parah lagi adalah anak-anak kita sekarang khususnya yang kurang mendapatkan pendidikan agama yang sangat di pengaruhi oleh aqidah-aqidah yang sesat dan menyesatkan dan juga budaya­-budaya kafir la’nafillah yang merusak moral dan agama kita, nah oleh karena itu kami menulis suatu makalah yang berjudul KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN MASA REMAJA “. Tujuanya adalah agar anak-anak kita di masa yang akan datang dapat membaca isi makalah ini dan mudah-mudahan menjadi ilmu bagi mereka.
Perlu ketahui bahwa pada masa ini orang-orang sudah ada yang berani mendakwakan bahwa dirinya Al-Mahdi sekaligus Nabi akhir zaman. Nah kalau seandainya orang yang mendenganya tidak memiliki ilmu dan keyakinan yang kuat terhadap agama maka orang itu akan menjadi korban penyesatan mereka.

BAB  II
PERKEMBANGAN MASA REMAJA


1.   Karakteristik Perkembangan Masa Fisik Remaja
Masa remaja adalah masa peralihan dari masa sekolah menuju masa pubertas dimana seorang anak yang telah besar ini sudah ingin berlaku seperti orang dewasa  tetapi dirinya belum siap, termasuk kelompok orang dewasa. Perkembangan Fisiologik yang berhubungan dengan kemasakan kelenjar enokorin.
Kelenjar Enokorin adalah : kelenjar yang bermuara langsung di dalam seluruh darah.
Bagi masa remaja awal adanya kematangan jasmani (seksual) itu umumnya di gunakan dan dianggap sebagai tanda-tanda primer akan datangnya masa remaja
Adapun tanda-tanda lain disebutnya sebagai tanda sekunder dan tanda primer.
Tanda-tanda sekunder dapat disebut antara lain :
a.   Pria
-       Tambah suburnya rambut pada janggut, kumis dan lain-lain
-       Selaput suara semakin besar dan berat
-       Badan mulai membentuk “segi tiga” urat-uratpun jadi kuat dan muka bertambah persegi
b.   Wanita
-       Pinggul semakin besar dan melebar
-       Kelenja pada dada menjadi berisi (lemak)
-       Suara menjadi halus merdu dan tinggi
-       Muka menjadi mulus dan berisi



Adapun tanda-tanda tener antara lain : biasanya di wujudkan dan perubahan sikap dan perilaku, contoh bagi pria muda perubahan mimik jika bicara, cara berpakaian, cara mengatur rambut, bahasa yang diucapkan, actingnya dan lain-lain.
Jika bagi wanita, lainya ada perubahan cara berbicara, cara tertawa, cara berpakain, jalannya dan lain-lain.
Perkembangan lainnya pada masa atau pra-parbertas ini adalah munculnya perasaan-prasaan negatif pada diri anak, sehingga masa ini ada menyebutkan sebagai masa negatif. Anak-anak timbul keinginan untuk melepaskan diri dari kekuasaan orang tua, ia tidak mau tunduk lagi segala perintah, kebijakan dari otang tua, semuanya terasa ingin di tolak. Ini berarti anak mau bebas sepenuhnya, tetapi anak bebas dari anggapan bahwa ia sebagai anak-anak ingin menyamakan statusnya dengan orang dewasa.
Prasaan negatif  yang dialami, antara lain :
1.    Ingin selalu menantang lingkungan
2.    Tidak tenang dan gelisah
3.    Menarik diri dari masyarakat
4.    kurang dan suka bekerja
5.    Kebutuhan untuk tidur semakin besar
6.    Pesimitis dan lain.

Adanya kelainan aktivitas yang cukup mengundang perhatian serius itu dapat dikatakan anak itu dalam kondisi :
a.    Perkembangan jasmani yang belum selaras
b.    Keadaan batin yang belum seimbang, anak perkembangan satu aspek

Tentang lamanya masa ini sangat relatif tergantung dari ritmen dan tempo perkembangan masa anak. Umpama Kart Buhler mengatakan masa ini berlangsung cukup lama meliputi sebagian besar dari masa puber, tetapi H. Hetzer menunjukka lamanya masa ini cukup singkat ± 9 bulan.

2.   Karakterisrik Perkembangan Kogritif  Masa Remaja
Tentang Kogritif (pengetahuan) masa remaja : orang atau pribadi itu sendiri ; yaitu dengan melihat kepada diri sendiri, dengan demikian ia akan dapat selalu mengoreksi kekeliruan yang telah di perbuatnya, sehingga ia sendiri dapat merubah sebelum orang lain merubahnya, tanpa memberi kesempatan kepada orang lain untuk juga berbuat yang sama.
Yang harus paling tau dapat memanfaatkan kogritif (pengetahuan) adalah :
1.        Sesuatu perbuatan itu dapat di salin dengan satu macam penafsiran
2.        Penggolongan atas sifat-sifat yang di anggap berlamaan, atau ciri-ciri yang hampir serupa yang oleh karenanya di kelompokkan di dalam satu golongan atau cobakan untuk melukiskan keadaan seseorang.

Masa remaja yang disebut dengan pengaruh lingkungan pergaulan bebas. Yang di maksud dengan lingkungan adalah dimana ia bertempat tinggal, bisa jadi lingkungan keluargannya atau lingkungan masayarakat.

Pergaulan Bebas

Pepatah Mengatakan jangan dekat-dekat dengan kubangan kerbau, karna kamu akan terciprat lumpurnya. Apa lagi jika teman kita berkumpul pernah berurusan tindak keriminal pasti teman-teman disekitarnya akan terpengaruhi.

Ada beberapa sebab yang menjadikan anak-anak muda menjadi berandal dan keriminal, diantaranya :
1.        dirinya telah di abaikan oleh orang tuanya, tidak mendapat cinta kasih, perhatian, nasehat dan pendidikan, sehingga ia mencari jalan cenderung untuk melakukan tindak keriminal sebagai pemberontak dirinya.
2.        Seorang dilanda kebingungan dan mengalami banyak konflik , baik yang tidak terpecahkan sehingga ia mencari jalan keluarnya dengan berbuat keriminal.
3.        Anak-anak  muda yang kehadirannya telah ditolak oleh orang tuanya yang merasa terpojok dan terlupakan oleh masyarakat. Dengan demikian, memilih teman yang baik dalam pandangan agama dan masyarakat hendak di tanamkan kuat-kuat pada generasi kita. Kalau tidak mengaharapkan mereka jatuh dalam lumpur  kesesatan dan kemaksiatan. Karena tidak sedikit anak yang baik-baik menjadi rusak karena pergaulan.

3.   Karakteristik Perkembangan Psikososial Masa Remaja
Walaupun ……… tidak menentang pendapat bahwa keturunan  dan kematangan penting perannya dalam induvidu, karena menurut pendapatnya tidak termasuk bidang ilmu jiwa melainkan termasuk bidang biologi.
Pokok-pokok pikirannya lewin perkembangan perubahan tingkah laku :
a.        Perkembangan berarti perubahan di dalam variasi tingkah laku.
b.        Perkembangan berarti perubahan dalam organisasi dan ekuntur tingkah laku.

Psikososial adalah masalah berbagai aktifitas induvidu, baik yang nampak maupun yang tidak nampak.
Cara membandingkan induvidu-induvidu yang memiliki variabel yang diselidiki itu dalam taraf tinggi dan rendah dalam tingkah laku meraka pada berbagai pengukuran yang bebas. Pada masa ini seorang anak tidak lagi hanya bersifat raktif, tatapi juga anak mulai aktif mencapai kegiatan dalam rangka menemukan dirinya (………), serta mencari pedoman hidup untuk bekal kehidupan mendatang.
Pada kegiatan mencari pedoman hidup anak  puber  sudah mulai aktif dan menerima norma-norma susila dan juga norma agama, tetapi bentuk pengakuan tersebut masih terbatas pada kondisi dirinya. Dalam kegiatan keluar ia masih menggantungkan pada orang lain tersebut anak puber sudah menggunainya, ia akan menyadari akan dirinya yang masih belum seperti di pujanya itu kegiatan dan perasaan ini disebutkanya sebagai menarik ……...

Perkembangan Psikosial
1.    Prinsip-prinsip belajar
Perkembangan sebagai proses belajar : digambarkan melewati serangkaian titik-titik yang merupakan kejadian-kejadian yang merupakan penjelmaan dari pada pola tingkah laku.

Akibat dari induvidu untuk mendapatkan pemuasan dalam suatu ketertentuan ada 4 macam :
1.    Induvidu mungkin mendapatkan pemuasan berkat adanya pola tingkah laku yang dibawa sejak lahir.
2.    Induvidu mungkin gagal dalam mendapatkan pemuasan karena kurang efektif yang dibawa sejak lahir untuk menghadapi faktor-faktor lingkungan yang ada pada saat itu.
3.    Pola yang berdasar itu mungkin dimotifasikan atau disisihkan dengan mengaktifkannya.
4.    Induvidu mungkin gagal dalam mencapai tujuan karena adanya sesuatu halangan, walaupun jalan kearah tujuan itu cukup jelas.

BAB  III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
  1. Masa remaja adalah masa peralihan dari masa sekolah menuju masa pubertas
  2. Adanya kelainan aktifitas yang cukup mengundang perhatian serius itu dapat dikarenakan anak itu dalam kondisi ;
a.    Perkembangan jamani yang sebelum selaras
b.    Keadaan batin yang belum seimbang anak perkembangan satu aspek
  1. Tentang kogritif masa remaja adalah orang atau pribadi itu sendiri dengan melihat kepada diri sendiri.
  2. Pokok pikiran lewin perkembangan perubahan tingkah laku ;
a.    Perkembangan, berarti perubahan didalam variasi tingkah laku.
b.    Perkembangan, berarti perubahan dalam organisasi dan struktur tingkah laku.


No comments:

Post a Comment