KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kita panjatkan ke
hadirat Allah SWT karena Allah yang telah memberikan kesempatan dan kesehatan
kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan sebuah makalah dengan judul : “KARAKTERISTIK
PERKEMBANGAN MASA REMAJA
“.
Selawat dan salam kepada Nabi Muhammad Saw selaku Nabi
dan Rasul terakir yang telah membimbing manusia, mengajak manusia untuk
menganut Agama Islam sekaligus menyempurnakan Akhlak manusia melalui petunjuk
Wahyu Ilahi.
Dalam
menyusun makalah ini bagi penulis merupakan suatu pekerjaan berat, dan banyak
sekali kendala dan kesulitan yang dihadapi terutama sekali dalam memperoleh
bahannya. Namun demikian dengan berkat usaha dan ketekunan kesulitan-kesulitan
tersebut dapat diatasi hingga selesainya makalah ini walaupun isinya tidak
begitu sempurna.
Penulis
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaannya, karena itu penulis
sangat menantikan Kritik dan Saran demi kesempurnaan makalah ini.
Penulis,
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR ...................................................................................................... i
DAFTAR
ISI ..................................................................................................................... ii
BAB I
PENDAHULUAN .............................................................................................. 1
a.
Latar
Belakang ................................................................................................... 1
BAB II
PERKEMBANGAN MASA REMAJA............................................................ 2
- Karakteristik Perkembangan Masa Fisik Remaja.......................................... 2
- Karakteristik Perkembangan Kogritif Masa Remaja..................................... 4
- Karakteristik Perkembangan Psikososial Remaja........................................ 5
BAB III
PENUTUP........................................................................................................ 7
- Kesimpulan.......................................................................................................... 7
BAB I
PENDAHULUAN
a. Latar
Belakang
Coba anda renungkan dengan
kekuatan pikiran anda saat ini, dimana kedangkalan aqidah yang sudah sangat
merajalela di permukaan bumi ini yang sudah merambah ke tengah-tengah kita dan yang lebih parah lagi
adalah anak-anak kita sekarang khususnya yang kurang
mendapatkan pendidikan agama yang sangat di pengaruhi oleh aqidah-aqidah yang sesat dan menyesatkan dan
juga budaya-budaya kafir la’nafillah yang merusak
moral dan agama kita, nah oleh karena itu kami menulis suatu makalah yang
berjudul “KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN
MASA REMAJA
“. Tujuanya adalah
agar anak-anak kita di masa yang akan datang dapat
membaca isi makalah ini dan mudah-mudahan
menjadi ilmu bagi mereka.
Perlu ketahui bahwa pada masa
ini orang-orang sudah ada yang berani mendakwakan
bahwa dirinya Al-Mahdi sekaligus Nabi akhir zaman. Nah kalau seandainya orang
yang mendenganya tidak memiliki ilmu dan keyakinan yang kuat terhadap agama
maka orang itu akan menjadi korban penyesatan mereka.
BAB II
PERKEMBANGAN
MASA REMAJA
1.
Karakteristik Perkembangan Masa Fisik
Remaja
Masa remaja adalah masa
peralihan dari masa sekolah menuju masa pubertas dimana seorang anak yang telah
besar ini sudah ingin berlaku seperti orang dewasa tetapi dirinya belum siap, termasuk kelompok
orang dewasa. Perkembangan Fisiologik yang berhubungan dengan kemasakan
kelenjar enokorin.
Kelenjar Enokorin adalah :
kelenjar yang bermuara langsung di dalam seluruh darah.
Bagi masa remaja awal adanya
kematangan jasmani (seksual) itu umumnya di gunakan dan dianggap sebagai
tanda-tanda primer akan datangnya masa remaja
Adapun tanda-tanda lain
disebutnya sebagai tanda sekunder dan tanda primer.
Tanda-tanda sekunder dapat
disebut antara lain :
a.
Pria
- Tambah suburnya rambut pada janggut,
kumis dan lain-lain
- Selaput suara semakin besar dan berat
- Badan mulai membentuk “segi tiga”
urat-uratpun jadi kuat dan muka bertambah persegi
b.
Wanita
- Pinggul semakin besar dan melebar
- Kelenja pada dada menjadi berisi (lemak)
- Suara menjadi halus merdu dan tinggi
- Muka menjadi mulus dan berisi
Adapun tanda-tanda tener
antara lain : biasanya di wujudkan dan perubahan sikap dan perilaku, contoh
bagi pria muda perubahan mimik jika bicara, cara berpakaian, cara mengatur
rambut, bahasa yang diucapkan, actingnya dan lain-lain.
Jika bagi wanita, lainya ada perubahan
cara berbicara, cara tertawa, cara berpakain, jalannya dan lain-lain.
Perkembangan lainnya pada
masa atau pra-parbertas ini adalah munculnya perasaan-prasaan negatif pada diri
anak, sehingga masa ini ada menyebutkan sebagai masa negatif. Anak-anak timbul
keinginan untuk melepaskan diri dari kekuasaan orang tua, ia tidak mau tunduk
lagi segala perintah, kebijakan dari otang tua, semuanya terasa ingin di tolak.
Ini berarti anak mau bebas sepenuhnya, tetapi anak bebas dari anggapan bahwa ia
sebagai anak-anak ingin menyamakan statusnya dengan orang dewasa.
Prasaan negatif yang dialami, antara lain :
1. Ingin selalu menantang lingkungan
2. Tidak tenang dan gelisah
3. Menarik diri dari masyarakat
4. kurang dan suka bekerja
5. Kebutuhan untuk tidur semakin besar
6. Pesimitis dan lain.
Adanya kelainan aktivitas
yang cukup mengundang perhatian serius itu dapat dikatakan anak itu dalam
kondisi :
a. Perkembangan jasmani yang belum selaras
b. Keadaan batin yang belum seimbang, anak
perkembangan satu aspek
Tentang lamanya masa ini
sangat relatif tergantung dari ritmen dan tempo perkembangan masa anak. Umpama
Kart Buhler mengatakan masa ini berlangsung cukup lama meliputi sebagian besar
dari masa puber, tetapi H. Hetzer menunjukka lamanya masa ini cukup singkat ± 9
bulan.
2.
Karakterisrik Perkembangan Kogritif Masa Remaja
Tentang Kogritif
(pengetahuan) masa remaja : orang atau pribadi itu sendiri ; yaitu dengan
melihat kepada diri sendiri, dengan demikian ia akan dapat selalu mengoreksi
kekeliruan yang telah di perbuatnya, sehingga ia sendiri dapat merubah sebelum
orang lain merubahnya, tanpa memberi kesempatan kepada orang lain untuk juga
berbuat yang sama.
Yang harus paling tau dapat
memanfaatkan kogritif (pengetahuan) adalah :
1.
Sesuatu
perbuatan itu dapat di salin dengan satu macam penafsiran
2.
Penggolongan
atas sifat-sifat yang di anggap berlamaan, atau ciri-ciri yang hampir serupa
yang oleh karenanya di kelompokkan di dalam satu golongan atau cobakan untuk
melukiskan keadaan seseorang.
Masa remaja yang disebut
dengan pengaruh lingkungan pergaulan bebas. Yang di maksud dengan lingkungan
adalah dimana ia bertempat tinggal, bisa jadi lingkungan keluargannya atau
lingkungan masayarakat.
Pergaulan
Bebas
Pepatah Mengatakan jangan
dekat-dekat dengan kubangan kerbau, karna kamu akan terciprat lumpurnya. Apa
lagi jika teman kita berkumpul pernah berurusan tindak keriminal pasti
teman-teman disekitarnya akan terpengaruhi.
Ada beberapa sebab yang menjadikan anak-anak
muda menjadi berandal dan keriminal, diantaranya :
1.
dirinya
telah di abaikan oleh orang tuanya, tidak mendapat cinta kasih, perhatian,
nasehat dan pendidikan, sehingga ia mencari jalan cenderung untuk melakukan
tindak keriminal sebagai pemberontak dirinya.
2.
Seorang
dilanda kebingungan dan mengalami banyak konflik , baik yang tidak terpecahkan
sehingga ia mencari jalan keluarnya dengan berbuat keriminal.
3.
Anak-anak muda yang kehadirannya telah ditolak oleh
orang tuanya yang merasa terpojok dan terlupakan oleh masyarakat. Dengan
demikian, memilih teman yang baik dalam pandangan agama dan masyarakat hendak
di tanamkan kuat-kuat pada generasi kita. Kalau tidak mengaharapkan mereka
jatuh dalam lumpur kesesatan dan
kemaksiatan. Karena tidak sedikit anak yang baik-baik menjadi rusak karena
pergaulan.
3.
Karakteristik Perkembangan Psikososial Masa
Remaja
Walaupun ……… tidak menentang
pendapat bahwa keturunan dan kematangan penting
perannya dalam induvidu, karena menurut pendapatnya tidak termasuk bidang ilmu
jiwa melainkan termasuk bidang biologi.
Pokok-pokok pikirannya lewin
perkembangan perubahan tingkah laku :
a.
Perkembangan
berarti perubahan di dalam variasi tingkah laku.
b.
Perkembangan
berarti perubahan dalam organisasi dan ekuntur tingkah laku.
Psikososial adalah masalah
berbagai aktifitas induvidu, baik yang nampak maupun yang tidak nampak.
Cara membandingkan
induvidu-induvidu yang memiliki variabel yang diselidiki itu dalam taraf tinggi
dan rendah dalam tingkah laku meraka pada berbagai pengukuran yang bebas. Pada
masa ini seorang anak tidak lagi hanya bersifat raktif, tatapi juga anak mulai
aktif mencapai kegiatan dalam rangka menemukan dirinya (………), serta mencari
pedoman hidup untuk bekal kehidupan mendatang.
Pada kegiatan mencari pedoman
hidup anak puber sudah mulai aktif dan menerima norma-norma
susila dan juga norma agama, tetapi bentuk pengakuan tersebut masih terbatas
pada kondisi dirinya. Dalam kegiatan keluar ia masih menggantungkan pada orang
lain tersebut anak puber sudah menggunainya, ia akan menyadari akan dirinya
yang masih belum seperti di pujanya itu kegiatan dan perasaan ini disebutkanya
sebagai menarik ……...
Perkembangan
Psikosial
1. Prinsip-prinsip belajar
Perkembangan sebagai proses
belajar : digambarkan melewati serangkaian titik-titik yang merupakan
kejadian-kejadian yang merupakan penjelmaan dari pada pola tingkah laku.
Akibat dari induvidu untuk
mendapatkan pemuasan dalam suatu ketertentuan ada 4 macam :
1. Induvidu mungkin mendapatkan pemuasan
berkat adanya pola tingkah laku yang dibawa sejak lahir.
2. Induvidu mungkin gagal dalam mendapatkan
pemuasan karena kurang efektif yang dibawa sejak lahir untuk menghadapi
faktor-faktor lingkungan yang ada pada saat itu.
3. Pola yang berdasar itu mungkin
dimotifasikan atau disisihkan dengan mengaktifkannya.
4. Induvidu mungkin gagal dalam mencapai
tujuan karena adanya sesuatu halangan, walaupun jalan kearah tujuan itu cukup
jelas.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
- Masa remaja adalah masa peralihan dari masa sekolah menuju masa pubertas
- Adanya kelainan aktifitas yang cukup mengundang perhatian serius itu dapat dikarenakan anak itu dalam kondisi ;
a. Perkembangan jamani yang sebelum selaras
b. Keadaan batin yang belum seimbang anak
perkembangan satu aspek
- Tentang kogritif masa remaja adalah orang atau pribadi itu sendiri dengan melihat kepada diri sendiri.
- Pokok pikiran lewin perkembangan perubahan tingkah laku ;
a. Perkembangan, berarti perubahan didalam
variasi tingkah laku.
b. Perkembangan, berarti perubahan dalam
organisasi dan struktur tingkah laku.
No comments:
Post a Comment